Changed

Berubah. Kata yang paling menakutkan untukku. Setiap melihat atau merasakan adanya perubahan pada seseorang, aku selalu takut, takut dan takut. Jika aku mengulang kata takut sebanyak 3x, bisa kalian bayangkan betapa takutnya aku.

Kenapa setiap orang selalu berubah? Setiap ia mendapat hal yang baru, ia pasti akan berubah. Apakah itu selalu terjadi pada manusia, termasuk aku? Entahlah, aku bahkan tak bisa menjelaskannya. Sulit jika kau berusaha menjelaskan dirimu sendiri.

Dirimu. Ia kau. Bolehkah aku menanyakan satu hal? Apakah kau sudah bukan dirimu? Apakah kau sudah berubah?
Kenapa dirimu yang sekarang berbeda. Apakah karna kau menemukan hal baru dalam hidupmu? Atau itu hanya perasaanku saja?
Dan menurutmu apakah aku berubah? Apakah ada hal aneh dalam diriku sama dengan apa yang aku lihat pada dirimu?

Lihatlah betapa banyak pertanyaan yang ada dipikiranku. Itu semua karna satu hal. Berubah. Karna itu aku benci kata itu. Sangat. Aku takut. Sangat takut.
Aku ingin bisa mengendalikan hal ini. Hal ini sering terjadi pada diriku. Aku ingin bisa mengendalikan rasa takutku.

Sungguh. Aku selalu mencoba menghindari kejadian ini. Aku benci dan takut ketika seseorang berubah. Seharusnya apa yang kulakukan jika sudah terjadi? Diam mengikuti waktu? Atau berusaha membuatmu kembali seperti dulu? Kumohon, beritahu apa yang harus aku lakukan. Kumohon.

Kau, jika kau membaca tulisanku ini, kuharap kau mengerti. Kuharap kau tidak menilai diriku egois. Aku hanya ingin keseimbangan. Seimbang antara dulu, sekarang dan yang akan datang.